Blog ini berisi tentang dunia pendidikan berupa organisasi pramuka yang berada dibawah naungan MTs Negeri 9 Jember ==> OFFICIAL LATSANPRADA SCOUT || LATSANPRADA Kepanjangan dari (Latskar Tsanawiyah Negeri Pramuka Jl Panjaitan No 2) || Gugus Depan Jember 024.087 - 024.088 Pangkalan MTs Negeri 9 Jember || Alamat Jl Panjaitan No 2 Desa Wonorejo Kencong - Jember

Ketidakpuasan Berujung Pada Kebahagiaan

Lomba Prima Scout League Di SMK PGRI 5 Jember

Minggu, 26 Maret 2023

PRAMUKA LATSANPRADA

    Pramuka LATSANPRADA yang antusias dan bermotivasi tinggi dengan kemampuan kepemimpinan, inisiatif dan mencari tantangan baru. Berpengalaman dalam organisasi Pramuka.Pengalaman kami dalam Dunia Pramuka.Pada tahun 2021 kami memasuki bangku MTS. Saya bersekolah di MTs Negeri 9 JEMBER. Pada waktu itu kami memilih mengikuti ekstrakurikuler pramuka tetapi kami tidak mempunyai bakat dibidang pramuka. 

   Setelah itu dilanjutkan dengan pertemuan rutin yang diadakan setiap hari Jum'at dan Sabtu kami terus berlatih hingga terpilih untuk mengikuti ajang lomba di SMK PGRI 5 Jember. Lomba yang diadakan oleh SMK PGRI 5 Jember dinamakan prima Scout league. Lomba ini merupakan lomba pramuka penggalang tingkat SMP/MTS pramuka se-Jawa Timur. Persiapan kegiatan ini memakan waktu kurang lebih sekitar 2 Minggu.

    Pada lomba Prima Scout league ini yang diadakan oleh Pramuka SMK PGRI 5 JEMBER juga sudah menyusun banyak kegiatan mata lomba yaitu:

1.PIONERING, 2. SMS,3.YEL-YEL,4.PBB KERASI,Dan 5.SEMAPHORE DANCE

   Dari lomba itu pangkalan kami berhasil membawa pulang 11 piala. Tetapi dibalik 11 piala itu ada sedikit permasalahan dikarenakan sedikit kesalahan dari panitia/juri yg menilai .namun pada suatu hari pembina/alumni latsanprada dan semua anggota latsanprada tidak bisa terima dengan kejuaraan yang didapatkan oleh regu putri pada akhirnya pembina latsanprada pergi ke SMK PGRI 5 Jember. untuk meminta penjelasan terkait nilai yang diberikan panitia terhadap regu putri. namun , panitia SMK PGRI 5 Jember tidak bisa menjelaskan. setelah itu kepala sekolah SMK PGRI 5 Jember dan panitianya mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada semua pembina/alumni latsanprada,anggota latsanprada dan bahkan kepala sekolah MTs Megeri 9 Jember

    Tetapi sebelum itu semua Kakak-kakak pembina/alumni,dan anggota latsanprada berpegang teguh bahwa tidak akan menerima piala dari SMK PGRI 5 Jember baik putra maupun putri jika panitia SMK PGRI 5 Jember tidak mengakui kesalahannya. Dari kejadian itu sebenarnya kami semua tidak bisa menerimanya, namun karena panitia sudah mengakui /mengklarifikasi kesalahannya dan meminta maaf maka kami semua memaafkannya dengan lapang dada.

    Pada suatu hari yaitu hari Kamis ,16 Maret 2023 kepala sekolah SMK PGRI 5 Jember datang ke MTs Negeri 9 JEMBER mengantarkan piala yang awalnya kami mendapatkan 11 piala karena kesalahan panita /juri yang menilai dan sudah mengklarifikasi penilaian kami mendapatkan 12 piala dan uang pembinaan sejumlah Rp.800.000 yang didapatkan oleh Pramuka latsanprada sekaligus meminta maaf atas kesalahan dari panitia/juri.

     Piala yang kami dapatkan dari lomba Prima Scout league yang diadakan oleh SMK PGRI 5 Jember ini adalah:

1.Juara umum putra

2.Juara terfavorit putri

3.Juara 1 pionering putra

4.Juara 1 pionering putri

5.Juara 2 SMS putra

6.Juara 2 SMS putri

7.Juara 1 yell putra

8.Juara 2 yell putri

9.Juara 1 PBB kreasi putra

10.Juara 3 PBB kreasi putri

11.Juara 1 Semaphore Dance putra

12.Juara 1 Semaphore Dance putri 

     Alhamdulillah Itulah juara yang kami dapatkan dalam ajang lomba Prima Scout League yang diadakan oleh Pramuka SMK PGRI 5 Jember .

    Tinggi moral kuat mental. Manusia pantang menyerah. Tegar jiwanya berpegang teguh pada satya dan dharmanya.Anggota pramuka tak akan pernah mengenal kata menyerah. Pramuka senantiasa berjuang hingga titik darah penghabisan.

Menjadi berani berarti mengetahui bahwa ketika kami gagal, kami tidak gagal selamanya.

  Kadang ketika kami berada di tempat gelap kami pikir kami telah terkubur, tetapi sebenarnya kami telah ditanam.

Jangan takut dengan ketakutanmu. Mereka tidak ada di sana untuk membuatmu takut. Mereka ada di sana untuk memberi tahumu bahwa ada sesuatu yang berharga untukmu.

   Kegagalan hanya dibuat oleh mereka yang gagal untuk berani, bukan oleh mereka yang berani gagal.

      Sekian cerita dari pengalaman kami dalam ajang perlombaan Prima Scout League selamat membaca terimakasih.

"Organisasi bukanlah tempat pelarian untuk mencari kesibukan, akan tetapi didalam organisasi kita diajarkan agar lebih disiplin dan bertanggung jawab".


Penulis : Anggota Pansus Latsanprada Generasi 7

Subscribe to receive free email updates: