Blog ini berisi tentang dunia pendidikan berupa organisasi pramuka yang berada dibawah naungan MTs Negeri 9 Jember ==> OFFICIAL LATSANPRADA SCOUT || LATSANPRADA Kepanjangan dari (Latskar Tsanawiyah Negeri Pramuka Jl Panjaitan No 2) || Gugus Depan Jember 024.087 - 024.088 Pangkalan MTs Negeri 9 Jember || Alamat Jl Panjaitan No 2 Desa Wonorejo Kencong - Jember

GOLONGAN & TINGKATAN DALAM PRAMUKA

Salam Pramuka!!!
Kali ini kami membahas materi tentang golongan dan tingkatan Pramuka.

- GOLONGAN PRAMUKA

Di dalam Organisasi Pramuka mempunyai empat golongan.Dan Perbedaan Empat Kelompok Golongan Pramuka mempunyai perbedaan,perbedaan itu terletak pada Empat Bulan Anggota pramuka. Akan diberikan pada kelompok itu berdasarkan usia:
1. Kelompok pada usia 7 hingga 10 tahun disebut dengan Pramuka Siaga.
2. Kelompok pada usia 11 hingga 15 tahun disebut dengan Pramuka Penggalang.
3. Kelompok pada usia 16 hingga 20 tahun disebut dengan Pramuka Penegak.
4. Kelompok pada usia 21 hingga 25 tahun disebut dengan Pramuka Pandega.
Sementara kelompok khusus, yaitu kelompok yang diperuntukkan bagi orang yang memiliki kedudukan dalam kepramukaan. Misalnya untuk Pramuka Penegak, merupakan penyebutan untuk orang dewasa yang mengikuti Pramuka.
Pramuka Andalan, adalah anggota pramuka yang mana ia mengambil bagian dalam menerima kwartir di dalam anggota Pramuka. Contohnya menjadi pelatih pramuka, pamong saka, staf kwartir dan majelis pembimbing.

- Tingkatan dalam Pramuka

Tingkatan dalam kepramukaan merupakan tingkat kemampuan yang ditentukan oleh tingkat kemampuan yang dimiliki oleh anggota pramuka. Persyaratan atau kecakapan yang disebut dengan Syarat-syarat Kecakapan Umum atau SKU.
Untuk pramuka siaga siaga dan penggalang, masing-masing kelompok umur memiliki tiga tingkat. Untuk penegak, memiliki dua resolusi. Sementara itu pada pramuka pandega hanya memiliki satu tingkat saja.

a.Tingkatan Pramuka Siaga: Siaga Mula,    Bantu dan Tata
b.Tingkatan Pramuka Penggalang:                  Penggalang Ramu, Rakit dan Terap.
c.Tingkat Pramuka Penegak: Penegak Bantara dan Laksana.

Subscribe to receive free email updates: