Blog ini berisi tentang dunia pendidikan berupa organisasi pramuka yang berada dibawah naungan MTs Negeri 9 Jember ==> OFFICIAL LATSANPRADA SCOUT || LATSANPRADA Kepanjangan dari (Latskar Tsanawiyah Negeri Pramuka Jl Panjaitan No 2) || Gugus Depan Jember 024.087 - 024.088 Pangkalan MTs Negeri 9 Jember || Alamat Jl Panjaitan No 2 Desa Wonorejo Kencong - Jember

Belajar Salah Satu Sandi Yang Ada di Pramuka Yaitu Sandi Morse || Pramuka Kencong Pramuka Jember Kwarda Jatim

Kode Morse atau Sandi Morse yaitu suatu sistem respresentasi huruf,angka,tanda baca dan sinyal dengan menggunakan suatu kode titik dan garis yang disusun untuk mewakili dari kararter tertentu dari alfabet atau sinyal tertentu yang disepakati penggunaanya diseluruh dunia.Kode Morse itu sendiri diciptakan oleh Samuel F.B. dan Alfred Vail pada tahun 1835.

Kode morse juga digunakan dan dipelajari diseluruh dunia kepramukaan dan kepanduan.Dalam dunia kepramukaan kode morse disampaikan menggunakan beberapa cara yaitu menggunakan bendera morse,senter,peluit pramuka.
Cara pengiriman kode morse
1.  Mengunakan bendera yaitu bendera yang diikat ditongkat pramuka.dan cara pengirimannya ialah diputar 60’ untuk titik dan 45’ untuk garis.
2. Mengunakan senter dan peluit pramuka dengan cara meniup atau menyalakan durasi pendek untuk titik dan panjang untuk garis.
Untuk menghafalkan kode morse ini digunakan metode yang mengelompokkan huruf – huruf berdasarkan bagaimana huruf ini diwakili oleh kode morsenya.Pengelompokan tersebut antara lain Alphabet dengan kode morse yang berkebalikan dari garis,misalnya huruf  P yang diwakili oleh .--. Berbalikan dengan huruf X yang diwakili oleh -..- dan alfabet dengan kode morse berlawanan.Misalnya, huruf D yang diwakili oleh -.. dan huruf U yang diwakili oleh ..-

Kemampuan menerima dan mengirim kode morse merupakan salah satu dari kecapakan khusus dalam pramuka.Kode morse juga digunakan sebagai kunci dasar dalam memecahkan Sandi Rumput.Dan ada beberapa metode umum yang digunakan untuk memudahkan penghafalan kode ini,baik visual,auditori dan metode lainnya yang terus berkembang.
Dan kali ini kami akan memberi beberapa metode pembelajaran atau penghafalan kode morse,antara lain:
a) Metode KochSunting
 Metode ini adalah suatu metode pembelajaran pengiriman kode morse dengan cara sistem gradual.Latihan dengan cara ini diawali dengan cara menggunakan dua huruf yang diulang – ulang secara terus menerus contohnya(umumnya huruf E dan T untuk alasan pembiasaan dengan interval).Setelah anda menguasai dua huruf tersebut dan dapat membaca maupun mengirimkannya dengan cepat,maka satu huruf ditambahkan,danseterusnya sehingga anda dapat menguasai pembacaan maupun pengiriman kode melalui pembiasaan.
b) Metode substitusiSunting
Metode ini secara umum digunakan di kepramukaan Indonesia,yaitu dengan padanan kata yang berawal dari alfabet latin,dan setiap O mewakili garis (-),dan setiap huruf vokal lain mewakili titik (.).

Sekian informasi dari kami,jangan lupa kunjungi materi - materi dan sejarah - sejarah Pramuka yang ditulis di blog ini.


Subscribe to receive free email updates: